Pusat Pengkajian Pesantren dan Sains (P3S)

Pusat Pengkajian Pesantren dan Sains (P3S) adalah lembaga nirlaba yang diniatkan menjadi wadah kegiatan akademik pengkajian dunia kepesantrenan, ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi, serta wadah upaya membangun kualitas manajemen kelembagaan, jejaring (networking), serta pembiayaan (fundraising) pondok pesantren, dengan berpijak pada wawasan yang Pancasilais. Secara umum, P3S juga diorientasikan untuk menjadi media dunia pesantren berkontribusi kepada masyarakat, bangsa dan Negara melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, yang menjadi kebutuhan dasar manusia untuk mendapatkan efisiensi dan efektifitas hidup.

Mengacu pada peran strategis pesantren, maka Pusat Pengkajian Pesantren dan Sains (P3S) mengembangkan upaya-upaya meraih Terdapat lima agenda yang diperjuangkan oleh P3S untuk mencapai komunitas pesantren yang sustainable, yaitu: meningkatkan kualitas ideal sumber daya manusia (SDM) pondok pesantren, meningkatkan kesadaran akan administrasi dan regulasi, meningkatkan pengelolaan kelembagaan, meningkatkan produktifitas karya, dan mewujudkan komunitas yang tanggap akan perkembangan isu-isu kontemporer.

Nama Organisasi ini bernama Pusat Pengkajian Pesantren dan Sains disingkat P3S, yang dalam bahasa Inggris disebut Center for Pesantren and Sciences Studies disingkat CPSS. Pusat Pengkajian Pesantren dan Sains ini didirikan pada Rabu, 8 Agustus 2018 bertempat di Yogyakarta.

VISI

Terciptanya tatanan masyarakat pesantren yang berdaulat di bidang sumber daya manusia dan berjiwa religius, pancasilais, serta saintis.

MISI

Mewujudkan komunitas pesantren yang membawa maslahat bagi bangsa dan negara berbasis pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna.

TUJUAN

Meningkatakan kualitas sumber daya manusia (sdm) pesantren yang memiliki pemahaman dan pengamalan agama berwawasan kebangsaan dan kenegaraan.
Meningkatkan Kesadaran Dan Penguasaan Komunitas Pesentren Akan Peraturan Dan Perundang-Undangan Yang Berlaku
Meningkatkan mutu manajemen kelembagaan, networking, dan fundraising komunitas pesantren.
Meningkatkan kualitas dan produktifitas penemuan teknologi tepat guna oleh komunitas pesantren
Mewujudkan komunitas pesantren yang peduli terhadap perkembangan isu kemanusiaan, gender, sosial, lingkungan, dan kesehatan.
STRUKTUR ORGANISASI:

Direktur :Aris Risdiana, M.M

Wakil Direktur :Reza Bakhtiar Ramadhan, M.A

Bendahara :Fatimatus Zahro Jihan Fitri, M.PD.I

Kordinator Bidang :Imam Nawawi, S.HUM

Kesekretariatan :Ucu Muhaemin, S.SOS.I

BIDANG-BIDANG:

Bidang Penelitian Dan Publikasi

Muhammad Muhibuddin, S.Fil.I

Bidang Kerjasama

Luthfi Maulana, M.Ag

Bidang Advokasi

Ahmad Wahyu Sudrajad, M.Hum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.